tk islam darunnajah 10 – play group – kindergarten

hasil karya, bea siswa, pendidikan, kegiatan, taman bermain

Belajar sambil Bermain

pada Maret 16, 2014

Bahkan pada hari bayi dilahirkan, mereka waspada dan  mendengarkan. Mereka menyerap lingkungan mereka dan melihat meskipun mereka mungkin tidak bisa fokus dengan baik. Pada saat mereka berusia 6 minggu, bayi bisa tersenyum, mereka akan tenang ketika mereka mendengar suara yang akrab ditelinganya dan kemudian mereka memutar kepalanya ke arah cahaya.

Bayi akan belajar dan berkembang ketika alat  indera mereka terangsang. Jadi, yang mereka lihat, dengar, sentuh, bau dan rasa, semua membantu mereka untuk tumbuh secara mental. Anda dapat membantu perkembangan mental bayi Anda dengan merangsang alat indera mereka. Bermain, bernyanyi dan berbicara dengan bayi Anda adalah alat bantu yang penting untuk belajar. Bantuan-bantuan ini membantu perkembangan sosial dan fisik serta pertumbuhan mental dan akan mendorong bayi Anda untuk dapat mengamati sesuatu dan berkonsentrasi.

 Berbicaralah pada bayi Anda

Selalu cobalah untuk berbicara dengan bayi Anda saat Anda menyusuinya, mengganti popok dan bermain dengan dia. Jelaskan semua tindakan yang Anda lakukan dan beritahu nama benda-benda yang Anda gunakan, dengan hal itu Anda mulai mengembangkan kosakata bayi Anda. Anda akan segera mengatasi rasa malu Anda pada apapun karena Anda menyadari bahwa bayi Anda mengerti apa yang terjadi dan mulai merespon Anda.

 Bernyanyilah untuk bayi Anda

Bayi senang mengulangi kata-kata karena membantu mereka untuk mengingat sesuatu. Menyanyikan sajak yang sama berulang-ulang mungkin tampak membosankan bagi Anda, tetapi sekali bayi Anda belajar untuk berkomunikasi, Anda akan menemukan bahwa mereka akan meminta Anda untuk mengulangi lagu-lagu yang mereka sukai. Anda mungkin menemukan bahwa sebuah sajak yang akrab ditelinganya akan menenangkan mereka ketika mereka menangis karena mereka mengasosiasikan lagu tersebut dengan Anda orang yang mengasihi dan peduli terhadap mereka.

 Bermain dengan bayi Anda

Dari usia sekitar 3 bulan bayi Anda akan mulai menyukai permainan dan Anda dapat ikut serta dengannya. Memainkan sebuah permainan seperti ‘ciluk-ba, ‘mengelilingi kebun’ dan ‘Piggy kecil ini’ akan menjadi hal yang menyenangkan untuk Anda berdua. Bermain air juga sangat menyenangkan. Bayi Anda akan menikmati percikan air di kamar mandi, mengisi wadah dengan air, menuangkan dan  mengeringkan bak, jadi pastikan Anda memiliki banyak mainan yang cocok di kamar mandi – benda-benda rumah tangga apapun boleh, asalkan aman untuk bayi Anda. Perbanyaklah kontak mata dengan bayi Anda ketika Anda sedang bermain dan berbicara. Ini memungkinkan mereka mengetahui bahwa mereka memiliki perhatian penuh, mendengarkan dan menanggapi mereka.

Sejak usia dini, bayi dapat menikmati mainan yang merangsang alat indera mereka. Gambar berwarna cerah, cermin, ponsel dan rattle dapat ditempatkan di sekitar bayi dalam keranjang bayi, sehingga mereka dapat melihat mereka. Ketika bayi dapat mengambil barang-barang mereka itu berarti mereka dapat melatih keterampilan tangan mereka bermain dengan mainan plastik dan karet, yang baik untuk digenggam dan diremas. Bola, blok bangunan, mainan kendaraan untuk didorong, buku bergambar dan mainanan saat mandi, semua dapat ditawarkan kepada bayi antara usia sekitar 6 bulan dan 1 tahun.

Beberapa ide kegiatan lain untuk dimainkan Anda bersama bayi Anda:

  • Lihatlah buku bergambar bersama-sama – tunjuk dan jelaskan benda-benda yang berbeda pada halaman yang ada pada buku tersebut.
  • Tunjuk dan beritahu nama bagian tubuh Anda – ‘ini hidung saya, di mana hidungmu?’ Tunjukkan apa yang terjadi ketika Anda melakukan sesuatu. Misalnya, memukul sendok kayu pada panci untuk membuat suara keras.
  • Bacakanlah cerita-cerita sederhana. Kebanyakan bayi menyukai binatang  ajarkan mereka suara binatang, yang mereka dapat ditiru. Sebagai contoh, bernyanyilah ‘pertanian tua McDonalds’s’ bersama-sama. Gulingkan bola antara Anda dan bayi Anda secara bergantian.

Buat contoh yang baik

Bayi dan anak-anak belajar dengan meniru sehingga sangat penting bagi Anda untuk menunjukkan contoh yang baik. Jika Anda mencoba untuk membuat bayi Anda menggunakan sendok, tunjukkan kepada mereka apa yang harus dilakukan dengan menggunakan sendok sendiri. Anda mungkin harus membesar-besarkan gerak tubuh Anda, tetapi dengan menjelaskan ‘kita makan dengan sendok’ bayi Anda akan segera mendapatkan pikiran yang tepat. Coba dan gabungkan tugas-tugas seperti menempatkan mainan dengan diiringi sedikit humor sehingga bayi dapat ikut serta dan Anda berdua bisa membuat sebuah permainan misalnya dengan meletakkan mainan ke dalam kotak penyimpanan.

 Positiflah

Cobalah untuk tidak terlalu negatif. Bayi bisa takut dengan suara keras dan mengenali suara-suara marah dari usia dini. Tenanglah dan yakinkan hal tersebut tidak terjadi dalam menuju pengembangan keamanan bayi. Misalnya, jika bayi Anda teralihkan perhatiannya oleh mainan ketika dia seharusnya makan makan siang, Anda dapat mengambil dengan lembut mainan tersebut dan berkata ‘Saatnya makan siang sekarang’ daripada mengatakan kepada mereka “Jangan bermain dengan mainan itu! ‘. Bermain membantu anak untuk belajar dan berkembang, tapi yang terpenting, bermain itu harus menyenangkan bagi Anda, bayi  Anda dan seluruh keluarga.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: