tk islam darunnajah 10 – play group – kindergarten

hasil karya, bea siswa, pendidikan, kegiatan, taman bermain

Permainan Buku Warna Kepunyaanku Sendiri

pada Februari 3, 2012

Permainan ini ditujukan untuk anak yang gemar corat-coret. Walaupun anak berada dalam tahap senang mencoret-coret sebagai proses perkembangan kemampuan artistiknya, ia tetap dapat membuat bukunya sendiri. Permainan ini akan menunjukkan pada anak bagaimana cara membuat buku semacam itu. Momen ini akan sangat menyenangkan buat anda. Duduk dan bersama-sama mencorat-coret dapat menjadi suatu momen yang sangat menyenangkan bagi anda dan anak anda. Kemudian, saat anda dan sang buah hati berhasil membuat “buku” untuk dibaca berdua, kesenangan itu pun akan berlipat ganda.

Bahan dan Alat

  • Kertas
  • Krayon, spidol, pensil warna, atau alat gambar lainnya
  • Pita, benang, atau tali plastik

Cara Bermain

Ambil satu lembar kertas putih, semakin tebal semakin baik, dan bersama anak anda coretilah halaman itu sesuka anda dan buah hati. Kemudian, coreti halaman lain dengan warna yang berbeda. Anda dapat menggunakan krayon, spidol, pensil warna, cat air, kapur, atau apa pun yang ada atau yang sesuai dengan selera anda.

Setelah berhasil membuat beberapa halaman untuk masing-masing warna, buatlah lubang pada pinggir kertas dan ikat jadi satu semua halaman itu dengan pita atau benang atau tali plastik.

Bacalah buku tersebut bersama anak anda dan sebutkan warnanya, misalnya:”Ini adalah halaman biru kita. Di bagian ini ada warna biru terang, seperti langit di hari yang cerah. Lihatlah ada juga warna biru gelap mirip warna celana ibu. Kira-kira apa yang berwarna biru di ruangan ini, ya? Kamu benar, karpet ini juga berwarna biru.”

Apa yang Dipelajari?

Anak belajar nama warnadan variasi dari tiap warna tersebut. Mereka belajar bahwa mereka dapat membuat buku. Mereka belajar bahwa teman menulisnya (Anda) sangat mencintainya, karena mau membantunya membuat dan membaca buku bersama.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: